Sistem adalah suatu
jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama
untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan satu sasaran tertentu. Secara
umum Informasi adalah data yang telah diolah sehingga menjadi suatu bentuk yang
lebih berguna dan digunakan untuk mengambil keputusan, baik untuk jangka waktu
sekarang maupun yang akan datang. Kualitas suatu informasi bisa diukur dari tiga hal,
yaitu:
a.
Keakuratannya (Accurate), artinya suatu informasi harus
bebas dari ke
salahan-kesalahan dan tidak menyesatkan serta jelas mencerminkan
maksudnya.
b.
Tepat waktu (Timelines), artinya suatu informasi harus
sesuai dengan keadaan saat itu. Keterlambatan suatu informasi bisa berakibat
fatal bagi suatu organisasi atau pemakainya hal ini dikarenakan informasi
merupakan landasan dalam hal pengambilan keputusan.
c.
Relevan (Relevance), artinya
suatu informasi harus dapat bermanfaat bagi pengguna sesuai dengan
kebutuhannya, hal ini dapat berbeda-beda tergantung pada kebutuhan penggunanya.
Sistem Informasi adalah
suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan
data transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan
strategi dari suatu organisasi yang menyediakan pihak luar tertentu dengan
laporan-laporan yang diperlukan (Jogianto, 2005).
Sebuah sistem informasi
merupakan suatu sistem buatan manusia yang secara umum terdiri atas sebuah
kumpulan komponen berbasis komputer dan manual yang dibuat untuk menghimpun,
menyimpan dan mengelola data serta menyediakan informasi keluaran kepada
pemakai. Suatu sistem informasi dapat
memberikan nilai tambahan terhadap, proses, produksi, kualitas, manajemen,
pengambilan keputusan dan pemecahan masalah serta keunggulan kompetitif yang
tentu saja sangat berguna bagi kegiatan bisnis (Abdul Kadir : 2002).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar