Kamis, 07 November 2013

Contoh Penulisan Latar Belakang Sistem Peringatan Dini Sanksi Mahasiswa

Contoh penulisan untuk latar belakang : Tema : masalah penelitian untuk merancang aplikasi sistem peringatan dini sanksi akademik mahasiswa yang memudahkan pencatatan, penghitungan, dan memberikan peringatan dini informasi sanksi akademik kepada mahasiswa serta dosen wali.

Sistem Peringatan Dini (Early Warning System) merupakan rangkaian sistem untuk memberitahukan akan timbulnya sebuah kejadian, kejadian tersebut dapat berupa bencana maupun tanda-tanda kondisi lainnya. Peringatan dini dapat berupa tindakan memberikan informasi dengan bahasa yang mudah dicerna. Dalam keadaan kritis, secara umum peringatan dini yang merupakan penyampaian informasi tersebut diwujudkan dalam bentuk sirine, kentongan dan lain sebagainya. Harapan dari sistem peringatan dini adalah penerima informasi dapat merespon informasi tersebut dengan cepat dan tepat. Sistem peringatan dini dapat memicu perhatian awal yang diperlukan dan menghindarkan beberapa pontensi drop out secara tepat dari seluruh indikator drop out para siswa. (Heppen dan Therriault, 2008)

Politeknik merupakan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam sejumlah bidang pengetahuan khusus. Pendidikan vokasi adalah pendidikan tinggi yang diarahkan pada penguasaan keahlian terapan tertentu, yang mencakup program pendidikan diploma 1, diploma 2, diploma 3, dan diploma 4. Pendidikan vokasi menganut sistem terbuka (multi-entry-exit system) dan multimakna (berorientasi pada pembudayaan, pemberdayaan, pembentukan watak, dan kepribadian, serta berbagai kecakapan hidup life skill). Kurikulum pendidikan vokasi merupakan rencana dan pengaturan pendidikan yang terdiri atas standar kompetensi, standar materi, indikator pencapaian, strategi pengajaran, cara penilaian dan pedoman lainnya yang relevan untuk mencapai kompetensi pendidikan vokasi.

Nilai indeks prestasi (IP) tiap semester menjadi salah satu faktor yang menentukan apakah mahasiswa tersebut dapat melanjutkan ke semester berikutnya atau tidak (drop out). Selain indeks prestasi, kedisiplinan juga dijadikan tolak ukur yang dinilai keberhasilannya dalam studi mahasiswa politeknik. Politeknik menerapkan kedisiplinan yang sangat ketat sebagai pembinaan pembentukan watak, dan kepribadian yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan akademik mahasiswa. Penilaian kedisiplinan meliputi kedisiplinan pelaksanaan kuliah dan praktikum, kedisiplinan kegiatan mahasiswa, norma-norma akademik dan perilaku mahasiswa di lingkungan kampus. Pelanggaran kedisiplinan oleh mahasiswa dapat berakibat dikeluarkan sanksi akademik kepada mahasiswa. Sanksi akademik yang diterbitkan berupa peringatan lisan tercatat, surat peringatan pertama, kedua, ketiga sampai pemberhentian sebagai mahasiswa atau Drop Out (DO).

Pembinaan kedisiplinan kepada mahasiswa dilakukan dalam proses perwalian oleh dosen wali. Dosen wali memiliki kewenangan dalam mengawasi, mencatat, menilai, memberikan pembinaan dan merekomendasikan sanksi akademik bagi mahasiswa. Dosen wali melakukan perekapan terhadap data kedisiplinan yang berupa absen perkuliahan dan pelanggaran akademik yang dilakukan mahasiswa pada periode tertentu, kemudian data tersebut diserahkan kepada program studi. Data kedisiplinan tersebut akan dijadikan acuan sanksi akademik kepada mahasiswa. Dosen wali biasanya melakukan pembinaan kepada mahasiswa setelah sanksi akademik diterbitkan. Pembinaan kedisiplinan akan jauh lebih efektif jika dilakukan sebelum sanksi akademik ditebitkan untuk mencegah dikeluarkannya sanksi tersebut, oleh sebab itu diperlukan sebuah sistem yang dapat menginformasikan data kedisiplinan dan memberikan peringatan dini sebelum sanksi akademik dikeluarkan.

Sebuah sistem informasi harus memiliki kecepatan dan keakuratan dalam pengiriman data, sehingga dapat segera ditanggapi oleh penerima data. Short Massage Service (SMS) adalah salah satu layanan operator seluler yang berupa pesan yang dapat dikirimkan kapan pun dan dimanapun selama dalam jangkauan operator layanan seluler. SMS dapat dijadikan sebagai salah satu sarana untuk pengiriman data sebuah sistem informasi. Data nilai kedisiplinan dan peringatan dini sanksi akademik dapat diberikan mahasiswa melalui layanan SMS kepada mahasiswa dan dosen wali. Dosen wali akan mendapatkan informasi mahasiswa yang memiliki nilai kedisiplinan mendekati diterbitkan sanksi akademik, sehingga dapat melakukan pembinaan kepada mahasiswa untuk meningkatkan kedisiplinan guna mencegah keluarnya sanksi akademik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar